Pengembangan Aplikasi Umum

Untuk aplikasi sederhana yang telah dibuat, anda cukup mendistribusikan file berekstensi .exe. tapi bila aplikasi memakai library windows (.DLL), help (.HLP), ActiveX (.OCX) dan lainnya. File tersebut harus juga didistribusikan beserta program aplikasi anda. Aplikasi Delphi yang mengakses basis data dan web memerlukan langkah-langkah instalasi pengembangan aplikasi umum tambahan di luar aplikasi umum.
untuk mendistribusikan file-file pendukung tersebut anda dapat menggunakan program instalasi seperti InstallShield Express yang dikemas dalam CD Delphi.

Pengembangan Aplikasi Umum


  1. File program dan paket (package)
    jika aplikasi menggunakan runtime package, file paket tersebut perlu untuk didistribusikan bersamaan dengan aplikasinya installshield dapat menangani proses instalasi dengan mudah. Disarankan untuk menyimpan file paket bersamaan dengan file .DLL lainnya inilah kenapa kita sering menemukan file .DLL bersama dengan file .EXE, biasanya pada direktori windows/system. Untuk paket yang anda buat, sebaiknya distribusikan file .BPL pada direktori yang samadengan program aplikasi .EXE
  2. File ActiveX
    ActiveX adalah sekumpulan teknologi yang mengijinkan komponen perangkat lunak berinteraksi dengan lainnya walaupun bahasa pembuat aplikasi berbeda. ActiveX dapat digunakan pada aplikasi desktop sampai aplikasi web. ActiveX dibangun berdasarkan component object model (com).
    ActiveX yang anda ciptakan sendiri perlu dicatat pada komputer sebelum digunakan. InstallShield akan mengotomatiskan proses pendaftaran ini untuk mendaftarkan suatu ActiveX secara manual gunakan TREGSVR demo Application atau Utilitas Secara Microsoft REGSRV32.EXE (tidak semua versi Windows ada)
    File DLL yang mendukung ActiveX juga perlu untuk didistribusikan dengan aplikasinya.
  3. File Help
    File Help adalah program terpisah dengan aplikasi. Anda dapat membuat sendiri file Help ini dengan program yang ada di pasaran. Bila anda membuat program beserta dengan file Help, maka distribusikan juga file ini.
  4. Pengembangan Aplikasi Umum Basisdata
    Aplikasi yang mengakses basisdata memerlukan instalasi khusus selain menyalin file executable (program aplikasi) ke komputer. Pengaksesan basisdata seringkali ditangani oleh suatu mesin basisdata (database engine) yang terpisah, file ini tidak disatukan ke dalam file executable. Untuk aplikasi basisdata multi-tier memerlukan penanganan lebih khusus lagi sebab file-file aplkasi ditempatkan pada lokasi/komputer yang terpisah. Ada dua cara untuk mengakses basisdata yaitu :
    o Instalasi mesin basisdata
    Multithread Distributed Application Services (MIDAS)

No comments:

Post a comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.