Jenis Basis Data

Anda dapat mengakses jenis basis data yang berbeda, tergantung pada driver yang anda sudah gunakan apakah dengan BDE atau ADO.
driver ini dapat menghubungkan aplikasi anda ke basisdata local seperti paradox, access, dan Dbase atau basisdata remote yang ada di server seperti MICROSOFT SQL Server, Oracle, dan Informix. Dengan cara yang sama, komponen interbase Express dapat mengakses baik di local maupun rmote basisdata interbase.
Untuk memilih macam apa basisdata yang akan dipakai tergantung pada beberapa faktor. Anda boleh mempertimbangkan pertanyaan berikut:
beberapa banyak data yang ditangani pada suatu table?
beberapa banyak pemakai yang akan berbagi data untuk label tersebut?
perfomansi apa yang anda harapkan dari database?

Jenis Basis Data

  • Basisdata local
    Basisdata local berada di drive local atau pada suatu jaringan local (local area network). Fungsi-fungsi yang dipakai milik API untuk mengakses data itu. Seringkali hal ini diujukan untuk sistemtunggal. Saat data dibagikan (shared) kepada para pemakai, mereka menggunakan mekanisme penguncian berbasis file (file-based database).
    Basisdata local dapat lebih cepat dari basisdata remote (server) sebab seringkali basisdatanya ini berbasis file, basisdata local terbatas dibandingkan basisdata remote (server) dalam penyimpanan jumlah data. Oleh karena itu, dalam memutuskan apakah menggunakan suatu basisdata local atau server anda harus mempertimbangkan berapa banyak data pada label dapat ditangani. Aplikasi menggunakan basisdata local sering disebut aplikasi single-tired sebab aplikasi dan basisdata berbagi sebuah  system file tunggal. Contoh basisdata local antara lain paradox, dBase, Foxpro, dan Access.
  • Basisdata remote server
    Basisdata remote server umumnya berada pada sebuah mesin remote. Mereka menggunakan structured query language (SQL), yang memungkinkan klien untuk mengakses data tersebut. Oleh karena itu, mereka kadang-kadang disebut SQL Server. (Nama lain adalah Remote Database Management System atau RDBMS).
    Basisdata remote server dirancang untuk diakses oleh beberapa pemakai pada waktu yang sama. Sebagai pengganti suatu mekanisme penguncian file-based seperti pada basisdata local, mereka menyediakan system multi-user yang lebih canggih, berdasar pada transisi.

Jenis Basis Data

1 comment:

faz z said...

This comment has been removed by the author.

Post a comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.