Pengertian CMS

Pengertian CMS
Bismillahirohmanirrohim, selamat malam sahabat tugaselesai. tentunya pernah mendengar website wordpress bukan. Nah wordpress disini adalah sebuah cms, berikut pengertian CMS. CMS adalah A content management system yang digunakan untuk mengelola isi dari sebuah situs Web. Biasanya, sebuah CMS terdiri dari dua elemen: aplikasi manajemen konten (CMA) dan pengiriman aplikasi konten (CDA). Elemen CMA memungkinkan manajer konten atau penulis, yang mungkin tidak tahu Hypertext Markup Language (HTML), untuk mengelola penciptaan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu keahlian seorang Webmaster. Fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, namun sebagian besar adalah penerbitan berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, dan pengindeksan, pencarian, dan pengambilan.

Pengertian CMS

CMS mempunyai 2 licensi yang satu adalah Open Source dan yang lainnya adalah berbayar. Seperti kita ketahui ada banyak sekali CMS yang bersifat Open Source yang ada di internet berikut diantaranya :

CMS berbasis blog

- wordpress        - dotclear             - pixie
- b2evolution      - sharetronix         - pivotx
- Openblog         - boxbilling
- BuddyPress     - chryp

CMS berbasis portal

- Joomla             - Mambo             - Druppal

CMS berbasis E-commerce

- Zencart           - PrestaHop         - OScommerce

CMS Educational

- Moodle

CMS Forum

- PhpBB          - MyBB                   - PunBB
Dan masi banyak lagi cms yang opensource lainnya.

Pengertian CMS juga tidak sampai disini saja. Kehadiran web CMS memungkinkan Anda untuk mengelola situs web Anda, bahkan jika Anda tidak memiliki pengetahuan, pengalaman teknis dengan HTML atau desain situs web. Hal ini juga mengurangi panggilan ke biro desain web Anda atau departemen TI untuk perubahan ke situs web. CMS mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mempublikasikan, memungkinkan Anda untuk mendapatkan konten Anda on-line lebih cepat. Ini adalah masalah yang sangat penting untuk setiap situs web profesional.

Tambahan sedikit untuk pengertian CMS, kebanyakan cms sudah terinstall secara otomatis di cpanel yang disediakan oleh penyedia hosting anda. Jadi sahabat tinggal mudah menginstallnya dan menjalankan website cms sahabat. Semoga artikel ini berguna untuk sahabat tugaselesai. wasalam.

Pengertian CMS

No comments:

Post a Comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.