Khasiat Belimbing Wuluh

Khasiat Belimbing Wuluh
Bismillahirohmanirrohim, Selamat siang sahabat tugaselesai. Belimbing wuluh digunakan untuk mengobati batuk dan seriawan. Daunnya sebagai pereda rasa sakit, mengobati gondongan dan rematik. Buahnya Khasiat Belimbing Wuluh ces, meredakan sakit gigi, mengempiskan jerawat, mengecilkan pori-pori, menghilangkan panu, hipertensi, kolesterol, dan memperbaiki fungsi pencernaan.

Khasiat Belimbing Wuluh

antihipertensi
Sekitar 90% hipertensi belum diketahui penyebabnya, disebut hipertensi esensial. Diduga terjadi akibat pengaruh usia, faktor genetika, gender, kelainan pada sistem metabolisme, saraf pusat, kelenjar endokrin, gangguan jantung, dan ginjal. Seiring bertambahnya usia terjadi penurunan kemampuan (elastisitas dan vitalitas) organ, tekanan darah lebih sensitif berubah naik atau turun untuk mencapai keseimbangan. Misalnya jika elastisitas pembuluh darah turun tekanan darah akan naik agar peredaran darah tidak terhambat. Kurang lebih dari 10-15% hipertensi muncul karena pengaruh eksternal, disebut hipertensi eksternal, disebut hipertensi sekunder. Terjadi akibat beberapa sebab : obesitas, dislipedima, stres, konsumsi alkohol dan rokok berlebihan, konsumsi garam berlebih, diet tidak seimbang, pemakaian obat, gangguan ginjal atau kelainan sistem endokrin. Pada hipertensi sekunder pengobatan relatif lebih mudah daripada hipertensi esensial. Obat diarahkan untuk mengobati organ yang mengalami gangguan. Teorinya jika sudah normal, efek bawaan hipertensi otomatis sembuh. Dislipedima muncul sebagai kenaikan kolesterol total, LDL, trigliserida, dan penurunan DHL.
Hipertensi juga disebut the silent killer karena bisa menyebabkan komplikasi gangguan otak, jantung, ginjal dan mata. Gejala awal yang biasa dirasakan oleh penderita hipertensi berupa jantung berdebar, pegal pada tengkuk, sakit kepala, pusing mendadak dan telinga berdenging. Obat-obatan kimia yang selama ini di gunakan lebih ditujukan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi akibat hipertensi. Obat bekerja dengan cara menghambat kalsium agar tidak mengendap di pembuluh darah, menurunkan tekanan pembuluh darah tepi, menekan aktivitas hormon adrenalin, dan melancarkan peredaran darah.
Beberapa studi penelitian menunjukkan Khasiat Belimbing wuluh, buahnya sebagai obat hipertensi. Tanaman obat yang dipakai untuk mengobati hipertensi paling tidak harus memiliki beberapa sifat berikut : diuretik, antiandrenergik, dan vasilidator. Diuretik agar jumlah air di dalam plasma darah berkurang. Antiandrenergik, menurunkan produksi sekresi dan aktivitas hormon adrenalin. Vasilidator agar peredaran darah lancar sehingga suplai ke organ lancar.
Hipertensi bisa terjadi salah satunya karena konsumsi garam berlebih. Konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh, karena garam menarik cairan di luar sel agar tidak dikeluarkan, sehingga akan meningkatkan volume dan tekanan darah. Akibatnya tekanan darah naik. Buah belimbing wuluh paling tidak memenuhi syarat sebagai diuretik, menghilangkan rasa sakit (analgetik), memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang dan astringent. Kandungan kalium sitrat di dalam buahnya merangsang pengeluaran cairan dalam tubuh yang tadinya di ikat oleh garam. Jika di proses pengeluaran kemih lancar otomatis tekanan darah turun.

Khasiat Belimbing Wuluh


Khasiat Belimbing Wuluh
Obat tradisional Hipertensi

Buah belimbing wuluh sebanyak 3 buah di cuci bersih, di potong-potong lalu direbus dalam waktu 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat diinginkan, lalu saringn Minum setiap pagi setelah makan.
Obat tradisional Panu (Gangguan kulit)
Daun belimbing wuluh secukupnya dicuci bersih, lalu digiling atau ditumbuk hingga halus sampai seperti bubur. Tapal ini ditempelkan pada kulit yang mengalami gangguan (gondongan jerawat, panu). Ulang beberapa kali.

Obat tradisional Batuk

Bunga Belimbing wuluh 20-25 kuntum
Rimpang temugiring 1 jari
Kulit kayu manis 1 jari
Rimpang kencur 1 jari
Bawang Merah 2 butir
Pegagan ¼ genggam
Daun saga ¼ genggam
Daun ungu ¼ genggam
Daun sendok ¼ genggam
Cara membuat
Semua bahan dicuci bersih, lalu dipotong kecil-kecil. Rebus dalam 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Angkat, dinginkan, lalu saring. Bisa di tambahkan madu. Minum 3 kali sehari ¾ gelas.

Sariawan
Bahan
Bunga belimbing wuluh 20 gr
Asam kawak yang sudah dimasak 5 gr
Sinom 5 gr
Daun jinten 10 gr
Gula aren secukupnya.
Cara membuat
Semua bahan kecuali gula aren direbus dalam satu liter air hingga tersisa ½ liter. Angkat, dinginkan, saring. Minum masukkan gula aren. Sebelum diminum, kumurlah dengan ramuan sehingga luka pada mulut terkena ramuan. Lakukan beberapa kali dalam sehari.
Semoga artikel di atas bermanfaat untuk sahabat tugaselesai. Amin ya robbal alamin. Wasalam.
Khasiat Belimbing wuluh

No comments:

Post a comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.