Islam Kaffah

Islam Kaffah
Bismillahrohmanirrohim, selamat malam teman. Malam ini artikel tugaselesai akan menjelaskan tentang apa itu islam kaffah. Nah kebetulan tadi di kampus admin juga telah memabahas tentang ini. nah islam kaffah adalah masuk ke dalam islam secara keseluruhan, nah sudah pasti yang namanya keseluruhan itu pasti tidak setengah-setengah bukan teman, atau sebagian-sebagian. Pernyataan itu juga di perkuat oleh sebuah surah Al – Baqarah 208 yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu kedalam Islam secara keseluruhan (Kaffah), dan janganlah kamu turut langkah-langkah syetan, sesungguhnya syetan itu musuh yang nyata bagimu”

Nah berdasarkan surah Al – Baqarah 208 di atas sudah jelas di sebutkan bahwa islam kaffah adalah islam secara keseluruhan. Dan di sini juga di singgung jangan turuti langkah syetan sesungguhnya syetan itu musuh nyata bagimu. Berarti dapat di simpulkan seseorang yang tidak masuk dalam islam secara keseluruhan akan bisa terjerumus ke dalam pengaruh syetan laknatunallah.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Jamaan Nur Islam Kaffah terdapat 3 elemen utama berikut di antaranya:

1. 6 rukun iman
yang ke 6 rukun islam ini adalah:
- Percaya adanya ALLAH SWT
- Percaya kepada malaikat Allah
- Percaya kepada rasul-rasul
- Percaya kepada Kitab-Kitab
- Percaya pada hari kiamat
- Percaya kepada qada dan qadir
2. 5 rukun islam
yang apabila di jabarkan kelimanya itu adalah:
- Menyebut 2 kalimat Syahadat.
- Menunaikan Sholat 5 Waktu
- Menunaikan Puasa
- Menunaikan Zakat
- Menunaikan Ibadah Haji Bagi yang mampu.
3. Ikhsan
yang terakhir ini adalah ikhsan yang di jelaskan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hadist. Bila seseorang sholat maka seolah-olah iya menyaksikan Keberadaan Allah SWT, dan bila tidak bisa maka ia lah yang di lihat / di saksikan oleh Allah SWT.

Dapat kita pahami memang jika seseorang telah memahami dan menjiwai 3 elemen utama di atas. Maka secara tidak langsung seorang mukmin itu telah menjadi atau menemukan islam kaffah itu. Dalam materi kuliah admin tugaselesai, masalah tentang islam kaffah ini masuk ke dalam pelajaran Metafisika I. yang ke-6 rukun islam ini adalah 100% dalam lingkup metafisika karena keberadaannya yang diantaranya bersifat ghaib. Sedangkan di 5 rukun islam ini lebih dominan dan bukan nyata bersifat metafisika. Kalau ikhsan ini nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran metafisika III, jadi admin belum bisa membahas tentang ikhsan secara lebih rinci takutnya nanti ada kesalah artian dalam mengartikannya. Ihksan juga adalah sebagai suatau ilmu kerohanian yang spesifik dalam agama islam.

Demikian pembahasan kita mala mini tentang apa itu islam kaffah. Semoga artikel ini dapat menjadikan anda lebih sedikit tahu dam lebih sedikit mendalami tentang islam dan ilmu-ilmu yang terdapat di dalamnya. Insyallah admin akan memberikan artikel setidaknya 1x dalam sebulan mengenai ajaran islam agar kita mengerti dan tidak sombong atas apa yang belum seberapa ini yang kita capai sekarang. Akhir kata apabila ada kesalahan kata mohon di maklumi. Wasalamualaikum wr wb.

Islam Kaffah

No comments:

Post a Comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.