Cara Menampilkan Hidden File Folder

Bismillahirohmanirrohim, selamat malam all. Pernah tentunya anda membuat sebuah file hidden di komputer anda ataupun di falshdisk anda, yang tujuannya bermacam-macam seperti agar tidak terbaca oleh orang lain. Agar file tidak di ambil oleh teman. Tetapi intinya memang sama, yaitu agar file atau folder kita tidak di ketahui oleh orang lain. Nah permasalahannya timbul ketika anda ingin membuka kembali atau mengunhidden kan file atau folder yang tadi anda buat hidden. Anda tidak tau bagaimana caranya? Walaupun anda sudah mencari melalui program search sekalipun. Nah admin akan berkan cara menampilkan hidden file folder di komputer anda. Tetapi sebelum itu alangkah baiknya admin juga share cara menghidden suatu file atau folder di disk kita. Caranya cukup mudah anda hanya tinggal klik kanan di suatu file atau folder yang ingin anda hidden atau sembunyikan lalu klik properties dan centang perintah hidden lalu klik ok. Dan ketika anda merefreshnya bisa juga dengan menutup folder dan membukanya kembali maka ketika itu file dan folder anda sudah hilang alias hidden.

1. Cara Menampilkan Hidden File Folder dengan Smadav

Cara Menampilkan Hidden File Folder

Siapa yang tidak kenal dengan smadav, suatu program anti virus buatan anak Indonesia yang sudah terkenal di nusantara. Dalam mengscan virus dan menghapus virus, smadav terbilang cukup baik. Nah di balik kelebihannya untuk menghapus virus-virus dari komputer anda.
Smadav juga bisa melihat file-file yang terhidden di disk, baik itu di komputer kita ataupun di flashdisk. Selanjutnya anda hanya tinggal menscan baik itu flashdisk atau komputer anda yang terdapat file hiddennya. Tunggu sampai selesai, dan setelah selesai akan terdapat jumlah file yang terhidden jika memang benar ada file atau folder yang di hidden.
Cara Menampilkan Hidden File Folder
Gambar di atas adalah hasil scan komputer admin yang menyatakan 0 file terhidden, karena memang tidak ada file yang terhidden. Jika anda mendapati file yang terhidden anda silahkan pergi ke tab hidden dan gunakan perintah unhide all jika anda ingin mengunhidde semua yang tersembunyi.

2. Cara Menampilkan Hidden File Folder melalui Control Panel

Cara Menampilkan Hidden File Folder

Nah kalau cara ini, lebih efektif dari cara 1 dengan smadav di atas teman. Dengan cara ini kita dapat melihat file-file yang terhidden dengan tanpa tool ataupun software lagi. Efek negative ini adalah semua file ataupun folder yang di unhidde baik yang kita inginkan atau tidak kita inginkan akan terlihat langsung baik oleh kita maupun yang lainnya. Yang jelas langsung terlihat. Penasaran bukan dengan cara ini. berikut cara menampilkan hidden file folder melalui control panel :
Cara Menampilkan Hidden File Folder
klik start – lalu control panel – lalu klik open di icon folder option.
Nah setelah masuk di folder optionnya lalu masuk di tab view. Nah geser ke bawah setelah sampai di sebuah pilihan antara don’t show dengan show hidden files and folder maka anda pilih lah show. Dan klik ok atau apply, dan selesai. Lalu restart atau cobalah melihat ke direkori yang anda sembunyikan pasti akan terlihat namun seperti folder atau file
Cara Menampilkan Hidden File Folder

Di windows 7 anda tidak perlu menggunakan trick-trick diatas. Soalnya setelah admin coba tanpa perlu melakukan cara menampilkan hidden file folder otomatis file dan folder yang terhidden akan unhidden.

Cara Menampilkan Hidden File Folder

4 comments:

oujotoouji said...

jazakallah atas infonyaaa :)

Anonymous said...

Trims ini sgt brmanfaat gan

Anonymous said...

makasi banyak

Sayyed Ali Rafi said...

makasih banyak gan :)

Post a comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.