System Operasi Komputer Buatan Indonesia

Bisamillahirohmannirrohim, Alhamdulillah wa syukurillah rangking alexa tugaselesai terus turun hingga saat ini berada di posisi sekitar 6 jutaan di dunia, Alhamdulillah. Nah kembali ke topic kita malam ini tentang system operasi komputer buatan Indonesia, dengan berbasis linux bukan windows ya teman. Kita sebagai warga Negara Indonesia sudah sepatutnya untuk menghargai buatan dalam negeri kita, apalagi sebuah system operasi komputer yang terus mereka mengeluarkan versi-versi terbarunya untuk memperbaharui bug-bugnya. Jadi anda juga tidak perlu lagi meragukan kualitas dari produk-produk kularan dalam negeri kita ini. Salah satunya ada yang juga bekerjasama dengan lipi loh. Itu tu lembaga ilmu pengetahuan Indonesia. Nah sudah tidak sabaran bukan ingin mengetahui apa-apa saja itu.

Baiklah simak beberapa perusahaannya System operasi komputer buatan Indonesia berikut ini.

1. IGOS NUSANTARA (IGN)

System Operasi Komputer Buatan Indonesia

Ini adalah suatu lembaga yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI yang sudah berdiri sejak tahun 2006 hingga ke tahun 2012 ini dan akan terus berdiri kelihatannya. Karena memang setelah dilihat-lihat update system operasinya sangat sering, yang bisa kita lihat adalah IGOS Nusantara 8.0
IGOS Nusantara 8.0 RC

IGOS Nusantara 8.0 Beta
IGOS Nusantara 8.0 Alfa
Itu masi versi delapannya. Tentunya igos nusantara juga pernah mengeluarkan versi-versi lainnya sebelum versi-versi diatas seperti, IGOS Nusantara 2006 (IGN2006), IGN2007, IGN2008, IGN2009 IGN2010, IGN2011, IGN R7. Dan berikut beberapa keunggulannya dari system operasi open source ign ini :
- Penggunaan kernel yang semakin tangguh dan handal
- Distro yang mudah dan menarik untuk dipakai
- Tampilan yang cantik
- Dukungan boot untuk perangkat yang menggunakan UEFI
- Integrasi beberapa aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari
- Ada delapan desktop environment yang dapat dipilih/dipakai
- Memiliki banyak aplikasi tambahan
Anda bisa mengunduh versi-versinya di halaman ftpnya yaitu melalui link :
http://igos-nusantara.or.id/unduh/ secara gratis pastinya.

2. BLANKON

System Operasi Komputer Buatan Indonesia

Sekilas ketika kita kurang cermat dalam membaca tulisan blankon ini, kita akan memikirkan kata belangkong. Ya memang mirip. Seperti dirilis disitus resminya pihak blankon sendiri menjawab iya dan bisa juga tidak. Iya dalam hal pembuatannya yang berada di Indonesia, dan tidak karena arti maksudnya sesungguhnya itu bukanlah belangkong jawa yang kita kenal. Blankon ini bisa kita kembangkan oleh anda sendiri yang ingin mengembangkannya. Kita hanya butuh :
Kemauan yang kuat
Kekonsistenan yang mantap
Koneksi internet teratur
Yupp ketiga hal itu saja sudah cukup untuk anda yang ingin mengembangkan blankon ini. System minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan system operasi ini atau lebih dikenal dengan System Requirements adalah : Prosesor 600MHz, RAM 256 MB, Hard disk 6 GB. Jika anda tertarik silahkan unduh di halaman http://www.blankonlinux.or.id/unduh .

Bagi anda pecinta linux tidak ada salahnya untuk mencoba System operasi komputer buatan Indonesia diatas, dan sekarang juga sudah mulai banyak yang menggunakan system operasi tersebut. Berikut beberapa screenshotnya :
System Operasi Komputer Buatan Indonesia

System Operasi Komputer Buatan Indonesia

nah itulah beberapa System operasi komputer buatan Indonesia yang admin ketahui untuk saat ini, jika nanti admin tahu lagi admin insyaallah akan update di situs ini. jika teman-teman ada yang tahu selain diatas, silahkan tambahkan dikolom komentar jika berkenan. Wasalamualaikum wr wb.

System Operasi Komputer Buatan Indonesia

No comments:

Post a Comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.