Cara Uninstall Software di Komputer

Bismillahirohmanirrohim, suatu program software ada kalanya akan mengalami sebuah eror yang mengharuskan kita untuk menghapus program atau lebih dkenal dengan uninstall software. Selain eror software di komputer juga kadang kala memberatkan kinerja computer kita karena ukurannya yang besar adalah menjadi penyebab faktor utamanya komputer kita menjadi lambat, baik saat menghidupkan ataupun mematikan komputer. Apalagi jika hardisk di komputer anda memiliki ukuran yang terbilang kecil untuk ukuran hardisk sekarang, pastinya anda harus uninstall sebagian software-software anda untuk mendapatkan software yang baru. Nah ada cara menguninstall program dengan software ada pula menguninstall program dengan manual. Disini admin akan bahas cara menguninstall program secara manual, karena memang cara manual saja bisa dilakukan dar pada harus mengunduh software lagi untuk menguninstall suatu program di komputer kita.

Cara uninstall software di komputer

1. Pastikan software yang anda install salah satu programnya tidak terbuka atau berjalan di komputer anda. Hal ini berguna untuk agar tidak terjadi kesalahan atau berhenti di tengah penguninstallan. Memang juga ada sebagian yang bisa di uninstall walaupun ada program yang terbuka nantinya akan menutup sendiri.
2. Klik start – set program access and defaults – change or remove programs

3. Akan terlihat semua program-program di komputer kita yang telah di install.
Cara Uninstall Software di Komputer

4. Pilih software yang akan kita uninstall dengan mengkliknya dan nanti akan terlihat pilihan remove program.
Cara Uninstall Software di Komputer

5. Klik remove dan ikuti prosedurnya. Biasanya sih tinggal next dan next saja.
Disamping cara di atas ada satu cara manual lagi yang bisa kita lakukan, tetapi tetap ikuti cara 1 diatas, agar tidak ada kendala nanti saat menguninstall. yaitu dengan:
- masuk ke local disk c: atau dimana anda menaruh software ini saat pertama kali anda menginstallnya. Biasanya secara default atau anda belum rubah-rubah maka otomatis akan masuk ke program file.
- jika anda menaruhnya default seperti yang telah djelaskan diatas. Anda bisa melihat dengan klik start – my computer – local disk (c:) – program files. Disana adalah folder defaultnya semua program terinstall akan berada disana jika anda belum rubah saat penginstallan software.
Cara Uninstall Software di Komputer

- pilih judul software anda, setelah ketemu anda bisa klik folder judul software anda.
- temukan bacaan uninstall saat anda membuka folder tersebut.
Cara Uninstall Software di Komputer

- kemudian klik open fle uninstall anda dan jalankan sampai selesai.


Kelebihan uninstall software di komputer melalui change or remove programs

anda tidak perlu lagi direpotkan untuk pergi-pergi ke program files ataupun menemukan dimana tempat anda menaruh file software anda saat menginstall pertama kalinya jika anda telah merubahnya. Memang sebagian software jika anda ingin uninstallnya dengan menggunakan program files anda tidak akan menemukan file uninstallannya disana. Jadi sebaiknya gunakan saja cara uninstall software di komputer dengan change or remove programs. Karena lebih efisien dan lebih tepat. Dan biasanya dengan cara-cara ini pun sudah bisa menghapus software anda dari komputer, admin rasa tidak perlu pakai-pakai software. Jika ada file yang tersisa bisa saja itu adalah pacth atau crack dari software bajakan anda. Jika tidak bisa dihapus dengan perintah delete anda bisa melihat tutorial admin untuk menghapusnya di sini. Jika ingin copy paste harap cantumkan alamat website admin http://tugaselesai.blogspot.com dan sebaiknya anda jangan menghapus file-file yang ada di folder software anda. Uninstall saja jika ingn menghapusnya karena apabila anda hapus maka software tidak akan berjalan dengan lancar karena ada file yang hilang di software tersebut.

Cara Uninstall Software di Komputer

2 comments:

Anonymous said...

Mas, daftar program yang saya install di laptop saya itu tidak nampak(kosong) di daftar control panel....terus gimana mas saya mau meng unintallnya, orang daftar software nya aja gak nampak....?

gimana cara mengembalikan agar namapak seperti semula mas....tolong bantuannya....
tolong email ke www.dhenibaladewa@gmail.com !

Terima kasih mas....

Sudi Adi said...

apakah berlaku untuk semua software?
ada memang yang software itu enggak diinstall tapi langsung pakai, namanya software portable.
apa nama softwarenya kalau boleh tahu?

Post a comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.