Membuat Sendiri Situs SMS Gratis

Membuat Sendiri Situs SMS Gratis
Bismillahirohamnirrohim, selamat pagi sahabat tugaselesai. mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan website penyedia sms gratis di yang ada internet begitu banyak yang menyediakan termasuk di dalam negeri sendiri. Tapi pernahkah anda bertanya bagaimana Membuat Sendiri Situs SMS Gratis. Artikel berikut ini akan menjawab pertanyaan anda tersebut dan sahabat juga bisa membuat layanan pesan gratis di internet. Hal pertama yang kita butuhkan untuk membuat web penyedia sms gratis di internet ini adalah sebuah aplikasi gateway yang nantinya akan kita gunakan untuk mengirim sms yang selanjutnya aplikasi ini akan kita install di komputer ataupun laptop anda ditambah dengan modem yang sudah di colokkan di komputer kita. nah modem kita ini harus senantiasa connect ke internet guna untuk menghubungkannya dengan pc server yang berada di hosting kita nantinya. Untuk hostingnya sendiri kita akan membuat semacam script form untuk tatap muka user yang akan mengirim smsnya.
Aplikasi gateway yang harus kita punya ini, kita bisa memakai Gammu sebagai enginenya. Sahabat bisa unduh softwarenya di halaman

Membuat Sendiri Situs SMS Gratis

Setelah itu saatnya kita akan mengkoneksikan server pc hosting dengan pc yang ada dirumah kita agar data yang dikirim dari website akan sampai di pc rumah lalu mengirimnya dari modem kita yang berada di rumah tadi. Konsep dasar atau ide dalam pembuatan ini adalah kita menggunakan semacam webservice yang dibuat di server hosting untuk komunikasi antara PC rumah dan PC hosting. Web service ini nanti senantiasa akan diakses oleh PC rumah. Melalui web service inilah SMS akan dikirim dari PC hosting ke PC rumah. Lantas, apa bentuk output dari web service ini? Web service disajikan dalam bentuk XML yang isinya adalah bunyi SMS dan nomor tujuan SMS yang akan dikirim. Data XML yang berisi bunyi sms dan nomor tujuan inilah yang nanti akan dibaca oleh PC rumah, lalu mengirimkannya lewat SMS gateway (Gammu).
Sekarang ayo kita implementasikan pembuatannya.
Membuat Sendiri Situs SMS Gratis Yang pertama kita harus sudah menginstall aplikasi gammu di komputer kita guna sebagai tool sms gatewaynya. Tapi sebelum itu pastikan dahulu ya kita bisa mengirim sms via modem kita ini.
Kedua kita buat sebuah script form untuk mengirim sms, yang nantinya akan kita pindahkan ke server hosting milik kita.


4.Field ‘id’ digunakan sebagai nomor unik penanda setiap SMS yang akan dikirim, field ‘destinationNumber’ untuk menyimpan nomor tujuan SMS, dan ‘sms’ untuk menyimpan isi SMS.

OK, kita buat script kirim.php nya




Membuat Sendiri Situs SMS Gratis

Setelah data sms yang dikirim tersimpan dalam tabel ‘outbox’, langkah selanjutnya kita buat script web service untuk menyajikan data sms yang tersimpan dalam tabel ‘outbox’ tersebut ke dalam bentuk dokumen XML. Misalkan kita beri nama script untuk mengenerate XML ini ‘data.php’



Ketiga file diatas yang telah kita buat itu nantilah yang akan kita letakkan di server hosting kita. sampai disini kita sudah sampai di cara bekerja di erver hosting. Berikutnya kita bekerja untuk membuat script di komputer rumah
Di dalam PC rumah, nantinya kita akan membuat script untuk membaca data sms yang tersaji dalam bentuk XML yang digenerate melalui script ‘data.php’ yang ada di server hosting. Setelah data sms ini dibaca, kemudian kita masukkan ke dalam tabel ‘outbox’ bawaannya Gammu untuk dikirim melalui hp/modem. Oya, kita perlu juga menghapus setiap data sms di server hosting yang sudah dibaca. Mengapa hal ini dilakukan? ya dong, supaya tabel ‘outbox’ nya di server hosting tidak penuh. Lantas, bagaimana cara menghapus data secara otomatis di server hosting setelah data sms nya terbaca? ya… kita gunakan CURL.

OK… ini dia script Membuat Sendiri Situs SMS Gratis untuk membaca data sms dari XML nya.




Jika web server di PC localhost belum mendukung CURL, maka lakukan setting CURL terlebih dahulu.

Eh… kalo kita liat pada script bacasms.php di atas, pada proses penghapusan data SMS yang ada di server hosting melalui CURL terdapat pemanggilan script hapus.php. Script Membuat Sendiri Situs SMS Gratis ini belum kita buat di server hosting. Script hapus.php ini nanti berfungsi untuk menghapus data sms yang ada di tabel outbox dalam database server hosting berdasarkan ID nya setelah data sms tersebut di baca oleh script bacasms.php.




Sekali lagi script hapus.php di atas harus ditaruh di server hosting ya sahabat.

Kemudian script bacasms.php ini harus senantiasa kita jalankan melalui web browser localhost di PC rumah kita supaya bisa selalu membaca data sms yang ada di hosting lalu mengirimnya via Gammu. Lalu bagaimana supaya script bacasms.php ini bisa secara otomatis berjalan dan selalu bisa membaca data dari server hosting? Sebenarnya Anda bisa mengklik tombol REFRESH pada web browser supaya script Membuat Sendiri Situs SMS Gratis ini bekerja, namun tentu hal ini membuat report kan? Nah… salah satu solusi dari hal ini adalah Anda bisa menjalankan autorefresh melalui AJAX yang secara otomatis merefresh script bacasms.php ini pada setiap selang n detik. Ini dia script nya…

Membuat Sendiri Situs SMS Gratis



Contoh script AJAX yang ada di index.php di atas diset supaya bisa merefresh secara otomatis bacasms.php dalam interval 5 detik (5000 ms). Dengan demikian yang perlu Anda jalankan di localhost hanyalah script index.php di atas melalui browser.

Nah.. konsep di atas memungkinkan kita untuk bisa membangun aplikasi SMS gateway yang terintegrasi antara PC di server hosting dengan PC di rumah tanpa menggunakan IP public yang urusan untuk mendapatkannya sangat ribet dan mahal biayanya, atau tanpa menggunakan VPS maupun dedicated server untuk tipe hostingnya yang juga sangat mahal biayanya.

Anda dapat belajar teknik-teknik lain kaitannya dengan SMS gateway yang mengintegrasikan server hosting dengan pc rumah dengan contoh-contoh script SMS gateway yang saya buat untuk belajar.
Dampak negatifnya ni ya teman, admin yang punya website ini yang harus mengeluarkan dana untuk biaya kirim sms yang telah digunakan, tapi karena sekarang kan biaya sms sudah murah hal ini tidak perlu di khawatirkan lagi ya. Untuk lebih memperkenalkan website pesan gratis kita ini, kita Bisa menambahkan string pada setiap SMS yang dikirimkan dengan nama situs Anda untuk lebih memperkuat branding web Anda. Silahkan sahabat rubah-rubah scriptnya ya.

Membuat Sendiri Situs SMS Gratis

7 comments:

Mas Tosu said...

Ini dia yang saya cari, thanks infonya sob

Muhammad Nur Aziz said...

thank gan atas info nya...
pewrmiziii...hehehe

www.myofblogs.blogspot.com

Sudut Pandang said...

Gak ngerti cara implementasinya, gak ada step bu step, form / script nya diletakkan dimana ? public_html atau dimana...?
Kemudian ini artikel sebenarnya karya siapa...?
Kok sama dengan link ini ? http://blog.rosihanari.net/membuat-sendiri-kirim-sms-gratis-via-web-dengan-php-dan-mysql/
Yang pada komen "Makasih", udah pada bisa pa blom...?

Sudi Adi said...

Admin dapatkan info diatas dari forum kaskus.
Silahkan cari di pencarian kaskus dengan kata kunci SMS gateway. Terimakasih sudah berkunjung

sulaemandiki said...

terimakasih informasinya, saya akan coba pasang

TwiBIZ yuDi said...

rugi kayanya gan
-Bayar listrik mahal, online mulu soalnya
-Pulsa abis

D. Urrofi said...

Mantab nich, coba ahk.

Post a Comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.