Tentang RAM Komputer

Bismillahirohmanirrohim, selamat siang sahabat tugaselesai. sebuah komputer yang memiliki kecepatan yang tinggi baik saat startup ataupun membuka sebuah program pastinya tidak terlepas dari ram yang mempengaruhinya, mungkin diantara kita ada yang masi bingung tentang ram komputer, siang ini admin akan rangkum info tentang ram komputer untuk membuat sahabat tugaselesai mengerti tentang ram dan juga membahas sedikit permasalahannya.

Tentang ram komputer

RAM adalah sebuah singkatan dari random acces memory yang terdapat di bawah laptop berdekatan
dengan tempat baterai yang mudah untuk dilepas dan dibuka sehingga tidak menyulitkan kita untuk menggantinya. Sedangkan di komputer kita harus membuka casingnya untuk mengganti ram jika kita ingin mengganti ramnya. Jika kita ingin mengetahu ram yang terpakai di komputer kita memiliki ukuran versi keberapa silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
Tentang RAM Komputer

1. Dengan cara cepat kita membuka windows explorer komputer kita, tekan tombol windows + E di keyboard kita.
2. Masuk ke my computer.
3. Klik kanan – properties – klik menu general yang secara otomatis akan terlihat terlihat ram anda. Biasanya ram ini terdapat di baris ketiga terakhir.

Permasalahan yang sering terjadi di tentang ram komputer ini adalah kenapa RAM terbaca lebih rendah dari  yang ada di menu general dengan yang kita lihat di body ram aslinya. Misalnya saja kita ingin menginstall windows 7 di komputer kita karena setelah kita lihat langsung di body ramnya yang kita bongkar adalah 1gb, dan ternyata setelah kita install windows 7 menyatakan komputer kita memiliki ram yang tidak lebih dari 1gb yang juga kita lihat dari menu general hanya memiliki 768mb RAM. Nah sebenarnya disini yang tidak ada yang perlu kita khawatirkan dengan berpikir kita di toko-tokoin atau bagaimana. Yang perlu kita ketahui RAM kita memang sebesar 1 gb sebelum dihidupkan dengan melihat body nya langsung tetapi setelah kita membuka komputer maka otomatis RAM itu akan berkurang menjadi 768mb yang ram ini terpakai untuk keperluan windows explorer. Jadi memang sebenarnya ram kita adalah 1 gb. Nah untuk mengetahui aplikasi atau software-software apa saja yang memakan dan menggunakan RAM kita bisa melakukan cara sebagai berikut :
Tentang RAM Komputer

1. Tekan tombol ctrl + alt + del di keyboard komputer anda.
2. Kita akan memasuki windows task manager
3. Lalu kita berpindah ke tab processes.
4. Disana kita akan menemui
image name yang memandakan aplikasi yang berjalan
mem usage adalah memori RAM kita yang terpakai.
5. Cara membuka windows task manager ini di tentang ram komputer ini juga bisa kita gunakan untuk mengakhiri procces suatau software yang hang atau tidak berjalan dengan mengklik image namenya yang sama dengan aplikasi yang hang tadi dan klik end process. Maka secara ototmatis aplikasi tadi akan dikeluarkan secara paksa.

Tentang RAM komputer ini terdiri dari 3 versi, yaitu RAM DDR1, RAM DDR2, dan RAM DDR3. Yang dimana pada saat ini RAM DDR1 sudah tidak di produksi lagi dan bahkan RAM DDR2 pun sudah agak sulit kita jumpai dipasaran di karenakan random acces memori di DDR1 dan DDR2 memiliki daya kirim yang lambat dibandingkan dengan DDR3 yang tidak compatible dengan processor sekarang ini yang memiliki kecepatan tinggi. Itulah artikel tentang RAM komputer yang admin tugaselesai tulis hari ini, semoga bermamfaat. Dan jika ingin copy paste harap cantumkan alamat website http://tugaselesai.com sebagai sumber.

Tentang RAM Komputer

2 comments:

belajar sistem pc said...

postingan bagus, sob... seneng ngebacanya , bs nambah pengetahuan , mksh sdh dshare.. sukses :)

Sudi Adi said...

amin ya robbal alamin.
alhamdulillah jika menambah pengetahuan.
makasih juga dah berkunjung ya sobat.

Post a Comment

Jika anda masi belum mengerti tentang artikel di atas silahkan bertanya melalui komentar ini.
Salam Sopan.